Rabu, 13 Juli 2016

Samsung SSD 850 EVO 4 TB

Salah satu produsen SSD ternama, yang juga raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung, baru saja merilis SSD consumer mereka dengan kapasitas terbesar, 4 TB. SSD tersebut adalah bagian dari keluarga 850 EVO, salah satu produk populer mereka. SSD ini 4 TB ini ditawarkan dalam kemasan storage SATA 2.5″ dengan ketebalan hanya 7 mm saja.
Samsung tentu saja menggunakan chip V-NAND 48-layer TLC mereka untuk SSD terbaru berkapasitas besar ini. Penggunaan chip V-NAND tersebut memungkinkan Samsung menawarkan kapasitas hingga 4 TB dalam sebuah SSD 2.5″ standar. SSD ini bisa digunakan di desktop; laptop, bahkan yang berukuran tipis sekalipun; Mini-PC; dan komputer jenis lain dengan port SATA.

Kecepatan baca-tulis sequential dari SSD ini mencapai 540 MB/s untuk baca dan 520 MB/s untuk tulis. Sementara untuk baca-tulis random, performa yang ditawarkan mencapai 40000 IOPS untuk baca dan 98000 IOPS untuk tulis. Performa penulisan data randon yang tinggi itu dihasilkan berkat teknologi TurboWrite memanfaatkan cache 4 GB yang dimilikinya.

SSD 4 TB ini juga dilengkapi dukungan untuk hardware based encryption AES-256-bit, dengan standar TGC OPAL 2.0 dan eDrive. Harga yang ditawarkan Samsung untuk SSD berkapasitas besar ini mencapai USD 1500. Walaupun terbilang tinggi, bisa dikatakan harga tersebut cukup rendah untuk sebuah SSD, dengan harga-per-GB hanya USD 36 sen.

Sumber : JR

0 komentar:

Posting Komentar