Minggu, 10 Mei 2015

Word di Office 2016 Dapatkan Fitur Mirip Google Docs

Pengguna aplikasi Microsoft Word nantinya bisa mengedit sebuah dokumen secara berbarengan dengan pengguna lain dalam waktu yang sama pula (real-time), mirip dengan Google Docs. Inilah salah satu fitur unggulan yang ditawarkan Microsoft di Office 2016 yang akan segera dirilis berbarengan dengan Windows 10.
Dalam sebuah presentasi yang dilakukan Microsoft awal pekan ini menunjukkan, kemampuan yang biasa disebut co-edting itu memungkinkan dua atau tiga orang lebih pengguna Office 2016 dapat melakukan pengeditan dokumen Word pada waktu bersamaan. Fitur ini sebenarnya sudah ada di Office Online, layanan pengolah dokumen dari Microsoft yang dapat dibuka melalui browser, namun kini diintegrasikan di Office 2016.

Kepala Pemasaran Microsoft Office, Jared Spataro menjelaskan, pengguna Office bisa mengedit dokumen word secara per-karakter huruf, angka, atau tanda baca. Masing-masing pengguna juga akan diberi sebuah inisial atau nama yang menandakan bahwa mereka terdaftar dalam pengeditan dokumen. Saat salah seorang pengguna melakukan perubahan dokumen, maka muncul sebuah kursor yang memuat inisial pengedit sebagai sinyal ke pengguna lainnya untuk tidak mengubah tulisan pada bagian yang sama.

Microsoft mengakui, seperti dikutip dari Computer World, pihaknya masih perlu menyempurnakan teknologi yang dapat menghindari terjadinya “tabrakan” pengeditan pada bagian teks yang sama. Salah satu solusi yang mungkin dapat dilakukan, mengunci paragraf atau kalimat saat terdapat satu orang sedang mengedit, sehingga pengguna lain tidak bisa mengaksesnya secara bersamaan.

Menjelang peluncuran versi retail Office 2016 pada pertengahan tahun ini, Microsoft sudah merlis versi preview dari aplikasi tersebut. Pengguna Windows 7, 8, dan termasuk Windows 10 Preview sudah bisa menguduhnya disini.

Sumber (copas) : Jagat Review

0 komentar:

Posting Komentar