Kamis, 22 Desember 2016

AMD Ungkap RYZEN: Prosesor 8-Core Baru dari AMD

Pada sebuah ajang bertajuk ‘New Horizon’, AMD untuk pertamakalinya memperkenalkan nama prosesor mereka yang memiliki arsitektur terbaru, ‘Zen’. Prosesor tersebut diberi nama AMD RYZEN.
Dr. Lisa Su, CEO AMD terlihat begitu gembira saat mengumumkan RYZEN (baca: ‘Rai-zen’). “We love RYZEN. RYZEN symbolizes the power of Zen, reaching the next horizon of computing“, begitu sebutnya saat mengumumkan nama prosesor tersebut.  AMD RYZEN merupakan sebuah prosesor yang dirancang dari sekitar 4 tahun lalu, dan merupakan sebuah desain yang sama sekali baru, berbeda dengan pendahulunya, AMD FX series.
RYZEN diklaim memiliki Instruction-per-clock 40% lebih tinggi dari core ‘Excavator’ mereka sebelumnya, lalu memiliki Simultaneous Multi-threading (SMT). Jadi, konfigurasi awal prosesor RYZEN yang akan dirilis Q1 2017 nanti akan memiliki spesifikasi sebagai berikut:
  • 8-Core, 16-Thread
  • Clockspeed 3.4Ghz (minimum, bisa meningkat dengan Boost)
  • 20MB Total L2+L3 Cache (4MB L2 Cache + 16MB L3 Cache)
  • TDP 95 Watt
Dan RYZEN akan berjalan di platform AM4, platform AMD terbaru yang mendukung RAM DDR4 Dual-channel, dan platform ini sendiri dikabarkan akan digunakan pada seluruh ekosistem prosesor AMD dari kelas bawah, menengah, hingga high-end desktop. Ini tentunya menarik, karena AMD ‘Bristol Ridge’ APU juga bisa dijalankan pada platform sama, sehingga pengguna yang awalnya hanya mampu membeli Bristol Ridge APU, secara teori masih bisa meng-upgrade prosesor mereka ke RYZEN.

Clock prosesor RYZEN disebut-sebut akan beroperasi pada 3.4Ghz. namun AMD mengatakan bahwa prosesor mereka ini masih bisa ditingkatkan clockspeednya dengan sebuah fitur ‘boost’, namun mereka belum mau mengungkapkan nilai akhir clockspeed-nya.

0 komentar:

Posting Komentar