Senin, 05 September 2016

5 Hal Baru di iPhone 7 & iPhone 7 Plus

Setelah sekian lama mendengar rumor dan prediksi tentang smartphone terbaru milik Apple, iPhone 7, kini dinyatakan secara resmi bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus akan hadir di 7 September 2016 mendatang.
Tentu saja, menjelang semakin dekatnya peluncuran resmi dari iPhone 7 tersebut, prediksi pun juga semakin bergulir dengan berbasiskan data dan fakta yang telah didapatkan sejauh ini. Menurut Ming-Chi Kuo, analis dari KGI Securities, inilah 5 hal baru yang terdapat di iPhone 7 yang membuatnya berbeda dengan iPhone seri sebelumnya:

1. Prosesor Paling Baru
Sebelumnya, lini produk iPhone 6 menggunakan prosesor A9. Kini di iPhone 7, akan menggunakan prosesor A10 dengan CPU clock sebesar 2.4GHz. Walau begitu, ada kemungkinan Apple akan meng-clock angkanya sedikit lebih kecil untuk mengurangi panas dan konsumsi daya.

2. Kapasitas Storage hingga 256GB
Karena tidak memiliki slot untuk microSD tambahan, para pengguna Apple pun harus bersabar dengan kapasitas internal iPhone yang umumnya kini memiliki kapasitas minimal 16GB untuk model yang paling terjangkau. Dalam iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, pengguna kini akan disuguhi model dengan kapasitas storage mulai dari 32GB hingga paling besar 256GB. Dan kedua smartphone tersebut pun telah dilengkapi dengan masing-masing RAM 3GB.

3. Hilangnya Jack Audio 3.5mm
Melanjutkan beragam rumor yang telah disebutkan sebelumnya, di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ini pengguna tidak akan lagi menemukan port untuk jack audio 3.5mm. Artinya, pengguna tidak bisa lagi menggunakan sembarang headphones atau earphones untuk bisa mendengarkan audio atau musik di smartphone ini. Sebagai gantinya, pengguna akan mendapatkan earphone dengan port Lightning di dalam paket penjualannya, atau menghubungkan wireless headphone/earphone melalui Bluetooth.

4. Dual Lensa di Kamera Utama di iPhone 7 Plus
Salah satu hal yang membedakan iPhone 7 dengan iPhone 7 Plus adalah dari segi kameranya. di iPhone 7 Plus, lensa kamera akan menggunakan dual lensa yang terdiri dari dua buah sensor beresolusi 12 MP dengan optik yang berbeda. Satu kamera akan memiliki pixel lebih besar dengan lensa wide-angle 6 elemen dan OIS, sementara satunya menggunakan lensa 5 elemen. Untuk iPhone 7, kamera utamanya hanya ada 1 buah sensor beresolusi 12 MP. Kedua perangkat sama-sama akan memiliki flash 4-LED.

5. Tambahan Dukungan Lainnya
Kedua perangkat ini dikatakan akan memiliki sertifikasi IP7X, artinya iPhone 7 mampu bertahan di dalam air di kedalaman 1 meter. Selain itu, pressure-sensitive untuk tombol Home juga didesain sedemikian rupa sebagai dukungan akan resistansi air pada perangkat iPhone 7 ini, sehingga tak perlu memijit tombol terlalu keras untuk tombol Home bisa merespon dengan baik. Ada kemungkinan sensor proximity akan diupgrade, dukungan fitur NFC FeliCa untuk model yang dijual di Jepang, serta opsi 5 pilihan warna juga diberikan.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ini belum memiliki harga dan tanggal ketersediaan resmi. Namun diprediksi bahwa keduanya akan mulai dijual pada akhir tahun ini dengan kisaran harga mulai dari USD 791 hingga USD 1060.

0 komentar:

Posting Komentar