Sabtu, 13 Februari 2016

EVGA Luncurkan GeForce GTX 980Ti VR Edition

Sensasi virtual reality kini tengah marak diperkenalkan oleh berbagai vendor, baik untuk konsol maupun PC, dan untuk menikmatinya, kita memerlukan perangkat khusus. Khusus untuk PC, bukan hanya kacamata VR yang dibutuhkan, tetapi juga perangkat pendukung yang mumpuni dan mampu menjalankan software VR dengan baik sehingga pengalaman dan sensasi yang didapatkan tetap maksimal.

EVGA yang merupakan salah satu pabrikan ternama kartu grafis premium, secara resmi meluncurkan kartu grafis khusus untuk VR. Pabrikan ini memilih varian GTX 980Ti untuk kepentingan tersebut. Mengapa yang dipilih GTX 980Ti? Karena spesifikasi yang terpasang di dalam varian kartu grafis tersebut sangat cocok. Dengan mengusung arsitektur Maxwell, GTX 980 yang menggunakan 6GB GDDR5 dan disandingkan dengan 2816 cuda cores, mampu dengan mudah melibas setting game-game terkini dengan mudah. Tentunya software kompleks dari VR tidak akan sulit dijalankan dengan hardware ini.

Dengan menyandang spesifikasi mirip dengan GTX 980Ti pada umumnya, GTX 980 Ti edisi khusus VR ini tampil berbeda dengan dibundelnya 2,5 inch bay yang menempatkan port khusus USB 3.0 dan HDMI, serta modifikasi penempatan HDMI. Sehingga pengguna VR dapat dengan mudah mengakses port yang akan dihubungkan front bay panel yang nantinya terhubung dengan perangkat VR.
EVGA juga mengklaim telah mempersenjatai kartu grafis edisi khusus ini dengan teknologi sistem pendingin terbaru, yaitu dengan SHP (Straight Heat Pipe) yang digabungkan dengan heatsink terbaru dan desain motor kipas yang mengadopsi 3 phase dan 6 slot. Semua fitur yang digunakannya itu diklaim dapat membuat kartu grafis ini lebih dingin hingga 20% dibanding varian lain.
Sampai saat ini, EVGA belum memberikan informasi seputar harga dan ketersediaan kartu grafis edisi VR miliknya ini di pasaran. Akan tetapi, beberapa pengamat memprediksi bahwa harga yang diusung oleh VGA ini tidak akan terpaut jauh dengan versi GTX 980Ti EVGA lainnya, karena hanya terdapat sedikit perbedaan saja pada fungsi dan kemampuan khususnya dalam mengadopsi perangkat VR.

0 komentar:

Posting Komentar